Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur

Cara mengatasi insomnia ada berbagai cara. Saat ini, ada banyak orang yang mengalami masalah tidur. Mereka sering bangun di tengah malam dan kemudian hanya berbaring terjaga selama berjam-jam. Mereka tidak dapat kembali tidur. Ini adalah beberapa dari banyak karakteristik penderita insomnia. Mereka menghadapi kesulitan dalam tertidur. Mereka yang menderita insomnia kronis memiliki masalah terus-menerus susah tertidur dan menyebabkan banyak masalah kesehatan yang lain. Namun, kita perlu mengidentifikasi penyebab utama yang menyebabkan insomnia dan menyadari gejalanya. Hal itu kemudian dapat menghentikan masalah insomnia dan membantu seseorang untuk mendapatkan tidur yang pulas.

Penyebab insomnia

Penyebab insomnia dapat bervariasi, jika kita mengetahui penyebabnya maka kita akan tahu mana cara mengatasi insomnia yang paling tepat. Ini adalah gangguan tidur yang umum, tetapi penyebab atau alasan yang mendasari yang memicu gangguan tidur tersebut dapat bermacam-macam dari satu orang ke orang lain.
  • Stres menjadi faktor yang mendasari bagi banyak orang yang menderita insomnia. Mereka yang stres dan lelah tidak mungkin bisa tertidur meskipun mereka merasa lelah. Itu adalah penyebab umum dari insomnia.
  • Depresi dianggap menjadi penyebab umum dari insomnia. Hal ini terkait dengan perasaan putus asa atau merasa emosional yang datar.
  • Perasaan cemas atau khawatir juga menyebabkan insomnia. Mereka yang terikat dengan perasaan seperti itu pada tingkat kronis biasanya menderita insomnia.
  • Kondisi medis seperti sakit kronis, asma, kanker dan gangguan tidur lain juga dapat menyebabkan insomnia.
  • Masalah psikologis seperti pengalaman traumatis bisa menyebabkan insomnia.
Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur
Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur

Gejala insomnia

Gejala insomnia yang umum dan terus-menerus pada mereka yang menderita gangguan tersebut adalah:
  • Mereka menghadapi kesulitan untuk tidur meskipun mereka merasa lelah
  • Sering terbangun malam-malan dan kesulitan untuk tidur lagi
  • Mengandalkan pil tidur untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak
  • Mengantuk siang hari atau kelelahan
  • Kesulitan dalam berkonsentrasi saat bekerja
Gejala-gejala ini mungkin terjadi suatu saat dalam kehidupan orang normal, tetapi mereka cenderung menghilang dalam waktu beberapa hari. Pada mereka yang mengalami insomnia, gelaja itu terjadi terus-menerus.

Cara mengatasi insomnia secara alami

Ada banyak pengobatan herbal yang dapat dicoba untuk mengatasi insomnia. Karena insomnia merupakan gangguan yang dapat membawa banyak efek samping dengan kondisi yang berkepanjangan, sangat penting bahwa kondisi ini harus diatasi dengan obat-obatan alami agar segera sembuh.

1. Tidur yang nyaman

Salah satu penyebab anda kesulitan tidur bisa jadi karena lingkungan yang berisik atau keadaan ruangan anda yang tidak nyaman.
  • Tidurlah di lingkungan yang tenang
  • Tidur di tempat tidur atau kasur yang nyaman

2. Pastikan lingkungan tetap tenang

Ketika Anda tidur Anda harus dalam keadaan tenang dan damai di sekitar anda. Pastikan bahwa lingkungan kamar tidur Anda:
  • Mendengarkan musik yang menenangkan
  • Tidak ada suara keras atau cahaya terang pada saat Anda hendak tidur

3. Gunakan kasur yang enak

Mungkin anda pikir ini adalah hal yang sepele sebagai cara mengatasi insomnia. Tapi kenyataannya adalah mereka yang memakai alas tidur yang keras akan mengalami kesulitan untuk tidur. Memakai bantal dengan ketinggian yang pas juga menjadi faktor anda untuk tidur dengan nyaman.

4. Matikan lampu

Ketika Anda tidur di ruangan gelap Anda akan bisa tidur nyenyak.
  • Tidak ada lampu memungkinkan mata untuk tertutup dengan mudah
  • Ini membantu pikiran untuk mengurangi kewaspadaan dan menginduksi tidur

5. Batasi penggunaan kafein

Anda harus berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein setidaknya dua jam sebelum tidur. Jika seseorang memiliki masalah tidur, yang terbaik adalah untuk menghindari minuman berkafein di malam hari atau di siang hari.
  • Kafein dikenal dapat menyebabkan sulit tidur dan meningkatkan kecemasan
  • Konsumsi kopi maksimal dua gelas dalam satu hari
Lima cara mengatasi insomnia yang disebutkan di atas sebenarnya sudah cukup ampuh jika anda lakukan dengan baik.

Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cip Haryanto