Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

Cara mudah menghilangkan jerawat - Jerawat adalah salah satu masalah utama yang dihadapi seseorang ketika berada dalam tahap remaja. Ini terjadi selama tahap kematangan, baik remaja laki-laki maupun perempuan banyak yang mengalami. Daerah yang paling umum di mana jerawat muncul adalah wajah. Namun ada juga yang muncul di leher, bahu, atau bahkan punggung. Kadangkala jerawat ini akan menimbulkan efek kurang percaya diri dan takut bersosial. Remaja cenderung memilih tinggal di kamar daripada keluar bersama-sama temannya ketika ia memiliki jerawat di wajahnya. Ada juga yang saking trauma dan takut diejek temannya hingga ia merasa murung hanya karena ada jerawat di wajahnya.

Apa itu jerawat?

Jerawat adalah peradangan kecil atau lesi kulit dari kulit. Mereka adalah kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous yang terinfeksi dengan bakteri dan kemudian mulai membengkak dan mengembangkan nanah di dalamnya. Jerawat muncul dengan ukuran yang bervariasi, besar, menengah atau kecil dan mempengaruhi sebagian besar wajah, leher, bahu, dada dan punggung. Hal ini diyakini oleh para ahli dermatologis bahwa jerawat terjadi pada tubuh manusia akibat iritasi kulit oleh beberapa elemen lingkungan seperti debu.

Kelenjar sebaceous dan jerawat

Hal utama yang menjadi penyebab untuk menumbuhkan jerawat di tubuh adalah kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak yang terletak di dasar folikel rambut. Kelenjar ini terlihat di hampir semua daerah di mana rambut tumbuh dan dalam jumlah besar di wajah dan kulit kepala. Kelenjar ini mensekresikan kulit kecil zat berminyak atau lilin yang dikenal sebagai sebum yang akan membantu dalam memberikan pelumasan ke kulit dan rambut manusia. Mereka terlihat terjadi pada semua bagian kulit pada manusia kecuali telapak tangan dan telapak kaki. Pada remaja, ada produksi lebih dari hormon yang akan meningkatkan produksi kelenjar sebaceous. Ini adalah alasan mengapa kita melihat sebagian besar remaja menderita radang kulit yang dikenal sebagai jerawat.
Cara Mudah Menghilangkan Jerawat
Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

Penyebab jerawat

Sel-sel kulit mati kadang-kadang tidak hilang sepenuhnya dan terjebak dengan sebum lengket yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang akan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit dan tidak memungkinkan untuk bernapas. Penyumbatan pori paling sering terjadi selama masa pubertas dan dengan lebih banyak produksi sebum selama pubertas, bakteri hadir dalam sebum diblokir akan mulai berkembang biak dengan cepat. Bakteri akan memakan sebum dan akan mengembangkan suatu zat yang akan mengakibatkan peradangan pada kulit yang dikenal sebagai jerawat. Tingkat keparahan dan frekuensi di mana jerawat berkembang pada kulit Anda akan tergantung pada bakteri baik dan bakteri jahat yang dihasilkan. Peningkatan produksi hormon testosteron pada kedua remaja pria dan perempuan akan menyebabkan kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum lebih banyak dari biasanya. Ini akan menghasilkan lebih banyak sel-sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori kulit dan akhirnya berakhir dengan peradangan kulit dan timbulnya jerawat. Jerawat tidak menular, kita tidak akan terkena jerawat dari orang lain.

Jenis-jenis jerawat

Beberapa masalah umum yang Anda temukan pada wajah dan kulit adalah bentuk jerawat. Komedo yang Anda temukan muncul pada kulit Anda adalah bentuk jerawat dan disebabkan karena kelenjar minyak yang berlebihan di kulit Anda. Mereka tidak disebabkan oleh kotoran. Komedo merupakan bentuk jerawat yang terbentuk di bawah kulit dan sangat kecil ukurannya. Papula kecil, pink dan benjolan berbentuk bulat yang Anda lihat pada kulit Anda juga dianggap sebagai jenis jerawat. Bentuk lain dari jerawat adalah pustula. Dasar dari pustula merah dan nanah akan terlihat di atasnya. Kista adalah bentuk lain dari jerawat yang Anda akan menemukan pada permukaan kulit Anda. Mereka biasanya terasa menyakitkan.

Makanan untuk menghilangkan jerawat

Diet kulit yang sehat sangat penting untuk mencegah terjadinya banyak jerawat di wajah dan tubuh Anda. Ini akan menjadi ideal bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak sayuran berdaun hijau dan rempah-rempah serta apel, wortel dan mentimun untuk mengurangi kerusakan jerawat pada kulit Anda. Hal ini penting bagi Anda untuk mengkonsumsi vitamin sayuran dan buah-buahan yang kaya untuk mengurangi efek dari jerawat. Mineral akan membantu dalam mengurangi produksi lebih dari hormon dan akan membantu dalam menyeimbangkan kadar hormon Anda. Hal ini juga penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan yang baik dan mencuci secara teratur wajah dan tubuh Anda dengan sabun dan tubuh untuk mengurangi produksi kelenjar berminyak dari kulit Anda.

Cara mudah menghilangkan jerawat

Jus lemon

Jus jeruk lemon memiliki sifat astringent dan akan menyerap minyak dari jerawat dan menyebabkan jerawat menyusut. Vitamin C dalam jus lemon membantu untuk menyembuhkan jerawat lebih cepat. Hal ini diperlukan agar Anda menggunakan air jeruk nipis segar. Anda dapat menerapkan jus dengan bantuan kapas dan bisa biarkan semalam.

Bawang putih

Bawang putih mengandung belerang yang membantu dalam penyembuhan jerawat dengan cepat. Jus bawang putih memiliki sifat anti jamur dan antiseptik yang akan membantu jerawat untuk disembuhkan lebih cepat. Cara mudah menghilangkan jerawat yaitu otong bawang putih menjadi dua dan gosokkan potongan pada jerawat. Diamkan selama lima menit dan bersihkan dengan air. Ulangi proses beberapa kali dalam sehari.

Pepermin

Isi mentol peppermint mengurangi kemerahan dan iritasi yang disebabkan karena jerawat. Menthol juga memiliki sifat anti-bakteri yang mencegah infeksi jerawat dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Ekstrak jus peppermint dengan menghancurkan daun dan menerapkannya pada jerawat. Diamkan selama 10 menit dan cuci dengan air dingin.

Kayu manis dan madu

Manfaat kayu manis bagi kesehatan sangat banyak. Ambil setengah sendok teh bubuk kayu manis dan mencampurnya dengan madu untuk membuat adonan kental. Oleskan campuran ini pada daerah yang terkena jerawat dan biarkan selama satu jam. Cuci bersih dengan air hangat. Madu memiliki kandungan antibiotik dan karenanya mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegah setiap infeksi. Anda bahkan dapat menggunakan campuran ini sebelum tidur dan membiarkan selama semalam untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Demikiainlah cara mudah menghilangkan jerawat secara alami yang bisa anda coba sendiri.

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown