6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan - Ada pepatah yang mengatakan bahwa makan sebuah apel setiap hari dapat membuat anda sehat. Sekarang, Anda dapat menambahkan sentuhan baru untuk pepatah ini dengan mengganti apel dengan cuka apel. Anda bisa mengganti buah apel utuh dengan cuka apel. Buah apel adalah bahan yang aman dan efektif untuk nutrisi rambut, kesehatan kulit, membersihkan kafein, menghilangkan noda kopi dan teh dari cangkir keramik, membunuh gulma, bahan pembuat acar serta dapat digunakan untuk salad. Cuka apel adalah suatu bahan yang berguna dan anda mungkin belum menyadarinya. Manfaat yang terkandung dalam cuka apel secara alami antara lain kaya akan kalsium, kalium, magnesium, tembaga, fosfor, natrium dan fluor. Cuka apel juga kaya akan vitamin seperti A, B1, B2, C, E, pektin dan Bioflavanoid. Semua vitamin tersebut adalah suatu bahan yang berguna yang Anda butuhkan untuk digunakan dalam rutinitas harian Anda.

Apa Manfaat Cuka Apel bagi Kesehatan?

1. Khasiat Detoksifikasi

Cuka apel dibuat dengan fermentasi jus apel untuk menghasilkan sari apel. Kemudian mengalami proses fermentasi kedua di mana ia menjadi cuka apel.
  • Mengkonsumsi cuka apel akan membantu Anda untuk mengurangi ketergantungan pada bahan kimia yang tidak alami.
  • Mengkonsumsi cuka apel secaraa rutin akan menimbulkan gaya hidup sehat yang akan berguna secara jangka panjang.

2. Mengatur pH Kulit

Manfaat cuka apel bagi kulit yaitu dapat menghilangkan bintik-bintik usia, bekas luka, menghilangkan jerawat,  kutil dan mengencangkan kulit wajah terutama.

Prosedur:
  • Gunakan dua gelas air untuk mencairkan cuka apel dan meratakan campuran ini ke seluruh wajah Anda dengan bantuan kapas lembut.
  • Anda dapat melakukan ini pada malam hari sebelum tidur atau bahkan menggunakannya di pagi hari sebelum menggunakan pelembab wajah.
Pengobatan kutil:
  • Rendam bola kapas dalam cuka apel kemudian tempelkan pada kutil di wajah Anda.
  • Biarkan kapas tersebut menempel selama semalam dan ada kemungkinan kulit membengkak ketika larutan cuka sari apel bereaksi dengan kutil.
  • Kutil akan jatuh dan ulangi pengobatan ini selama beberapa hari lagi sehingga kutil tidak muncul kembali.
Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan
Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

3. Cuka Apel dapat Membuat Rambut Berkilau

Manfaat cuka apel untuk rambut ternyata juga efektif membuat rambut tampak berkilau. Anda hanya perlu untuk membilas rambut Anda dengan cuka sari apel setelah menggunakan shampo. Cuka apel juga merupakan obat yang sangat baik untuk mengatasi ketombe dan cara mengatasi rambut rontok secara alami salah satunya dengan bahan ini.

Prosedur:
  • Tambahkan setengah sendok teh cuka apel dalam secangkir air dingin dan campurlah dengan baik.
  • Terapkan pada rambut Anda setelah proses keramas dan biarkan selama sekitar setengah jam kemudian bilas.
  • Ulangi proses ini beberapa kali seminggu untuk melihat hasil yang cepat dan efektif.

4. Memutihkan Gigi Secara Alami

Jika anda menemukan kesulitan bagaimana cara memutihkan gigi yang kuning, maka cuka apel adalah bahan termurah dan paling sederhana yang akan membantu Anda untuk mengembalikan warna putih alami pada gigi. Hal ini juga akan bekerja secara efektif menghilangkan bakteri di mulut dan gusi.

Cara menggunakan:
  • Kumur setiap hari dengan cuka apel terutama di pagi hari dan kemudian sikat gigi Anda seperti yang Anda lakukan biasanya.
  • Menyikat gigi dengan cuka sari apel juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

5. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Jika kulit Anda telah terbakar sinar matahari karena panas yang berlebihan di luar rumah, maka mandilah dengan cuka apel untuk menenangkan kulit.

Prosedur:
  • Tambahkan setengah cangkir cuka sari apel dalam seember air dan mandilah di air ini. Beredamlah untuk beberapa waktu agar nutrisi dari cuka apel dapat meresap ke kulit.
  • Anda juga dapat menambahkan satu atau dua cangkir cuka apel ke bak mandi berisi air. Rendam diri Anda dalam campuran air ini selama sekitar setengah jam dan kemudian mandi air bersih dengan cepat. Semua ketidaknyamanan kulit karena terbakar sinar matahari akan lenyap seketika.

6. Menurunkan Berat Badan

Jika kelebihan berat badan atau obesitas adalah suatu masalah, kemudian mencari cara menurunkan berat badan secara cepat, konsumsilah cuka apel. Telah ditemukan bahwa konsumsi cuka apel secara rutin yang kaya akan asam asetat akan membantu secara signifikan mengurangi lemak perut, berat badan, trigliserida dan lemak di pinggang Anda.

Prosedur:
  • Tambahkan 2 sendok teh cuka apel pada segelas air. Campur dengan baik dan minum setiap hari selama 12 minggu di pagi hari.
  • Anda akan menemukan bahwa berat badan anda akan berkurang 2 sampai 3 kilo setelah 12 minggu.
Apakah Anda mencari produk alami untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh? Apakah Anda ingin tahu tentang metode alami untuk menjaga rambut dan kulit tetap bersih dan segar? Semuanya ada dalam 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan ini. Semoga artikel ini berguna bagi anda.

6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown