Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami? Ketombe adalah bentuk eksim kulit atau kondisi kulit yang biasanya terjadi pada bagian tubuh mana terjadi produksi minyak atau sebum yang begitu tinggi. Ini adalah kondisi umum yang mempengaruhi kulit kepala dari banyak pria dan wanita. Banyak laki-laki yang ditemukan menderita masalah seperti itu dan menjadi bulan-bulanan lelucon di antara teman-teman mereka. Ketombe juga dapat dilihat sebagai tanda kebersihan pribadi yang buruk. Jadi, bahkan jika ketombe adalah masalah umum, banyak orang melihat itu sebagai indikasi pilihan gaya hidup dan kebersihan yang buruk. Pria takut mengenakan setelan hitam atau kemeja karena mereka takut bahwa masalah ini akan terungkap dan mereka akan ditertawakan teman-temannya. Ada beberapa penyebab ketombe pada rambut, namun ada pula banyak cara menghilangkan ketombe pada rambut.

cara menghilangkan ketombe secara alami
cara menghilangkan ketombe secara alami

Penyebab adanya ketombe

Banyak orang berpikir bahwa kulit kepala kering dapat menyebabkan ketombe, namun ada beberapa penyebab ketombe pada rambut selain kulit kering.
  • Ketombe adalah bentuk eksim kulit yang terjadi tidak hanya di kulit kepala tetapi bahkan bisa terjadi di daerah lain pada kulit. Hal ini biasanya ditandai dengan produksi sebum yang tinggi.
  • Hal ini diasumsikan bahwa jamur yang hidup pada kulit, yang dikenal sebagai Malassezia furfur, memainkan peran dalam menyebabkan ketombe.
  • Sel-sel kulit yang terbentuk di kulit kepala terus menerus, mungkin dilepaskan pada tingkat yang lebih cepat dan sebenarnya itu normal, sel-sel kulit terlihat sebagai serpihan putih.
  • Stres, perubahan hormonal, terlalu banyak minyak atau kekurangan sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan ketombe.

Gejala ketombe

Gejala ketombe adalah:
  • Ada serpihan putih yang terletak di kulit kepala dan terlihat di kulit kepala serta pakaian
  • Mungkin juga ada rambut yang rontok
  • Kulit kepala mungkin terasa gatal dan ingin sekali digaruk, setelah digaruk ternyata ada serpihan putih jatuh dari rambut
  • Bisa jadi kulit menjadi merah dan timbul jerawat pada bagian lain dari tubuh seperti wajah atau tangan

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Ada banyak bahan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Ini sangat mudah digunakan karena menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya. Sebagian besar sebenarnya bermanfaat bagi kulit juga. Dengan demikian, keuntungan utama penggunaan obat-obat herbal ini adalah menyehatkan kulit kepala dan mencegah rambut rontok juga.

1. Menggunakan cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal sebagai solusi untuk berbagai penyakit kulit. Apel bermanfaat sebagai fungisida yang efektif bagi kulit kepala. Cara menggunakan buah apel untuk menghilangkan ketombe secara alami ialah:

Bahan yang dibutuhkan

  • Setengah cangkir cuka sari apel
  • Setengah cangkir air hangat

Petunjuk penggunaan

Air dan cuka harus dicampur dalam cangkir. Jumlah yang diperlukan akan bervariasi sesuai jumlah rambut seseorang. Campuran harus dituangkan di atas rambut dan dipijat lembut pada kulit kepala selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan cara ini sekali atau dua kali dalam seminggu.
cara menghilangkan ketombe pada rambut
cara menghilangkan ketombe pada rambut

2. Menggunakan baking soda

Baking soda adalah bahan yang umum yang digunakan dalam banyak resep serta untuk menanggulangi berbagai jenis infeksi. Baking soda bahkan bisa bertindak sebagai fungisida. Jika penyebab ketombe adalah jamur, baking soda dapat menghapus jamur sebelum mereka berubah menjadi ketombe.

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 sdt baking soda
  • Secangkir air
  • Satu tetes minyak rosemary

Petunjuk penggunaan

Satu sendok teh baking soda dicampur dalam satu cangkir air hangat. Campuran harus diaduk dan diterapkan pada kulit kepala dengan lembut. Ini bisa digunakan sebagai sampo juga.

3. Menggunakan daun nimba

Daun nimba adalah obat herbal sejak dahulu, ini bisa mengatasi ketombe secara alami. Tidak hanya akan membantu untuk menenangkan kulit kepala jika merasa gatal, sifat antijamur pada daun nimba akan mencegah jamur tumbuh di kulit kepala.

Bahan

  • 1-2 genggam daun nimba
  • 4-5 gelas air panas

Petunjuk penggunaan

Masukkan daun nimba ke dalam air panas dan biarkan campuran selama semalam. Keesokan paginya, ambil air rebusan ini dan gunakan untuk membilas rambut. Daun nimba yang ditumbuk kemudian digunakan pada rambut juga berfungsi efektif mengurangi ketombe. Biarkan tumbukan daun nimba selama satu jam di  rambut anda kemudian cuci dengan shampo.

Demikianlah cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa anda buat sendiri. Tidak perlu mahal untuk menjadikan tubuh kita sehat.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown