Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Tahukah anda manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh? Kunyit adalah rempah-rempah asli dari negara-negara Asia Selatan. Kunyit adalah akar dari tanaman yang dikenal sebagai curcuma longa. Di India kunyit disebut sebagai 'Haldi "dan secara luas digunakan dalam memasak sehari-hari. Kunyit milik keluarga jahe yang berada di bawah kategori rimpang. Akar dari tanaman kunyit dikeringkan dan dibuat bubuk sebelum dijual di pasar. Bubuk kunyit memiliki warna kuning dan itu sedikit pahit di rasanya. Ini berisi senyawa yang dikenal sebagai kurkumin yang memberikan bau khas. Kunyit terutama digunakan sebagai bumbu tetapi juga digunakan sebagai zat pewarna dalam bumbu masakan dan juga tersedia banyak manfaat kunyit bagi kesehatan.

Sejak zaman kuno, kunyit telah menjadi bagian dari tradisi dan budaya India. Kunyit juga merupakan bagian dari beberapa ritual keagamaan di India. Khasiat kunyit untuk kesehatan sudah dirasakan di India yang tak terhitung jumlahnya. Terutama, digunakan sebagai obat anti-inflamasi. Kunyit adalah bahan dasar dari beberapa produk kosmetik seperti krim kulit, sabun dan minyak. Manfaat kunyit untuk kesehatan terdapat pada kurkumin. Kandungan Kurkumin dalam kunyit membantu dalam mengobati berbagai jenis penyakit seperti diabetes, arthritis, penyakit Alzhimers dan alergi. Jadi kunyit juga digunakan dalam berbagai persiapan obat di India. Karena penggunaan yang luas, tanaman ini juga dikenal sebagai 'safron India'. Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan juga sangat penting.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Kunyit memiliki beberapa kegunaan kosmetik dan non-kosmetik. Hal ini terutama digunakan untuk mendapatkan kulit yang indah. Beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan disebutkan di bawah ini:

1. Mengobati Jerawat

Kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat yang membantu dalam menyembuhkan jerawat dan penyakit kulit. Hal ini juga membantu dalam menghilangkan bekas luka dan tanda yang ditinggalkan oleh jerawat dan penyakit. Kunyit juga dapat digunakan untuk mengurangi sifat berminyak kulit. Campur kunyit dengan bubuk cendana dan jus lemon untuk membuat bubur wajah yang sempurna. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan tetap selama 10 menit. Cuci wajah Anda dengan air hangat untuk bisa membersihkan jerawat. Untuk menghilangkan bekas luka, Anda dapat langsung menerapkan pasta kunyit di atas bekas luka.
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

2. Perawatan Untuk Kulit Berminyak

Pada manfaat kunyit bagi kesehatan untuk kulit berminyak, Anda dapat mempersiapkan bubur wajah menggunakan sejumput kunyit, cendana (1 ½ sendok makan) dan jus jeruk (3 sendok makan). Terapkan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan tetap selama 15 menit. Kemudian bersihkan kulit Anda dengan air hangat untuk mendapatkan kulit yang lembut dan bebas minyak. Baca juga Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi.

3. Perawatan Untuk Kulit Kering

Ada juga manfaat kunyit untuk kesehatan kulit yang kering. Untuk kulit kering Anda dapat mempersiapkan bubur wajah menggunakan sejumput kunyit, telur putih, jus lemon, minyak zaitun (2 tetes), dan air mawar. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan memungkinkan kulit untuk menyerap itu. Setelah beberapa waktu bilas dengan air hangat.

4. Mengurangi Keriput

Khasiat kunyit untuk kesehatan yakni dapat membantu Anda dalam mengurangi keriput dan garis-garis halus. Buat bubur wajah alami dengan mencampur kunyit dengan susu mentah, beras bubuk dan jus tomat. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan selama 30 menit. Cuci bersih dengan air hangat. Perawatan ini dapat membantu Anda dalam mengurangi keriput. Campuran kunyit dan susu dapat membantu Anda dalam mengurangi lingkaran hitam serta keriput. Oleskan campuran ini selama 20 menit dan cuci dengan air dingin.

5. Mengurangi Tanda Penuaan

Kunyit membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Kunyit adalah agen exfoliating dan membantu dalam memperbarui kulit. Buatlah campuran kunyit dan tepung garam menggunakan air, susu mentah atau yoghurt. Oleskan pada kulit dan biarkan tetap selama 20 menit. Cuci dengan air hangat dan gosok kulit Anda untuk menghapus semua sel-sel mati.

Itulah artikel manfaat kunyit untuk kesehatan yang bisa bermanfaat bila anda lakukan dengan baik.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown